Optimasi SEO Onpage Blog (Setting Label dan Sitemap)

Cara Optimasi SEO Onpage Blog agar masuk halaman utama google dan blog banyak  pengunjung, yahoo dan bing. Untuk membuat blog yang berkualitas perlu diperhatikan tentang SEO Onpage maupun OffPage agar lebih maksimal dan mudah terindek oleh mesin pencari. Untuk blogger pemula saya akan sedikit menyampaikan tentang pengertian dan penjelasan seo Onpage maupun Offpage.

Pengenalan SEO

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization merupakan suatu teknik yang dilakukan untuk optimasi blog atau website agar mudah terbaca oleh mesin pencari (Search Engine) dan menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman utama.


Apa sih SEO Offpage itu?

SEO Offpage yaitu Optimisasi yang dilakukan dari luar situs web dengan cara membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain yang mengarah ke situs web). Semakin berkualitas link yang mengarah ke blog atau website, maka semakin baik pula reputasinya dimata search engine. 

Apa yang dinamakan SEO Onpage?

SEO Onpage adalah Cara atau teknik melakukan optimasi dari dalam suatu website dengan jalan memodifikasi faktor tertentu dari bagian suatu website misalkan meta tag, merubah tampilan blog agar menarik, kecepatan loading blog (Baca: Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog dan Website), struktur template yang seo friendly sampai pada keyword pada title/judul blog. 

Pada artikel kali ini Kang Zain akan membahas tentang SEO Onpage, yaitu dengan optimasi setting label dan sitemap untuk blog yang dapat mempengaruhi jumlah pengunjung blog atau website.

Setting Label dan Sitemap Blog

Optimasi Label Blog

Ada sedikit masalah mengenai label blogspot yang perlu dibenari karena halaman label atau kategori itu sangat penting dan berperan menjaga aliran poin dari homepage ke semua artikel-artikel lama. cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Mematikan Robots.txt terlebih dahulu dengan cara menuju menu Setelan dan Pilih Preferensi Penelusuran klik edit pada robot.txt khusus seperti pada gambar dibawah ini:


2. Pilih opsi YA untuk pertanyaan "Aktifkan konten robots.txt khusus?". Setelah jendela editornya terbuka silahkan masukkan kode yang ada di bawah ini. 
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Allow: /

Sitemap: http://webmastah.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED


#Ganti bagian yang berwarna Biru dengan URL blog Sobat. Dan setelah itu klik Simpan Perubahan.

Lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini:

SEO Onpage Blog

Setelah setting diatas, selanjutnya memasang meta robots noindex pada meta tag blog sobat, yuk ikuti caranya dibawah ini:

#Masuk ke dalam menu Template dan klik Edit HTML
#Cari kode <head> dan tepat di bawah kode itu masukkan kode-kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.searchLabel'>
<meta content='noindex' name='robots'/></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

#Setelah itu klik Simpan Template.
Lebih Jelasnya Seperti gambar dibawah ini:

Optimasi SEO Onpage Blog



Memasang Sitemap di Blog (Menu Navigasi)

Sebelum memasang sitemap diblog, terlebih dahulu setting Izinkan Umpan Blog dengan cara:

#Masuk Menu Setelan >> Lainnya >> Ubah Izinkan Umpan Blog menjadi Singkat lalu klik Simpan Setelan.

sitemap blog

#Selanjutnya pasang sitemap diblog dibawah ini:

http://webmastah.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=200

NB: Ganti tulisan berwarna biru dengan URL Sobat dan Pasang link URL diatas pada menu di header blog Sobat.

 
Demikian informasi seputar SEO semoga dapat bermanfaat, dengan cara diatas maka akan membantu optimasi untuk blog agar pengunjung semakin banyak. dan yang pasti artikel blog pertahankan yang berkualitas sebagai sumbangan besar untuk kesehatan blog sobat. Terima Kasih.

Tag : Seo

Berlangganan : Masukan e-mail Anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari blog Elhasany Software langsung di pesan kotak masuk.

feedburner
2 Komentar untuk "Optimasi SEO Onpage Blog (Setting Label dan Sitemap)"

NB: Ganti tulisan berwarna biru dengan URL Sobat dan Pasang link URL diatas pada menu di header blog Sobat.

Letak menu headernya dimana bang?

Terima kasih mas Rendy atas kunjungannya, letak menu header seperti Menu Sitemap pada top menu di blog ini. Silahkan untuk urlnya diganti dengan url blog mas Rendi. Salam kenal

Back To Top